Bisnis milenial mandiri di era globalisasi ini semakin banyak bermunculan, karena di zaman ini kita dituntut harus serba cepat dan serba mudah, terutama untuk menyediakan segala kebutuhan manusia dari berbagai aspek.

Ini bisa dilihat dari banyaknya perusahaan startup yang menyediakan berbagai layanan yang menunjang kebutuhan hidup manusia, mulai dari layanan transportasi, kurir, pemesanan tiket hingga layanan aplikasi pencari jodoh semua tersedia dalam aplikasi yang disediakan.

Bisa dipastikan banyak pengguna gadget membutuhkan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka. Nah terkait bisnis millenial mandiri, banyak peluang yang bisa digunakan oleh para milenial untuk bisa berwirausaha.

1. Membuat aplikasi layanan bahan makanan

Salah satunya adalah membuat startup dengan sebuah aplikasi yang menyediakan bahan makanan khusus pola makan sehat dan diet. Di dalam aplikasi tersebut akan menjadi sarana mudah konsumen untuk mencari bahan makanan apa saja yang dibutuhkan.

Dewasa ini, pola hidup sehat melalui makanan yang sehat dan organik mulai disadari oleh banyak orang, terutama bagi mereka yang merupakan seorang pebisnis atau mereka yang super sibuk hingga lupa untuk menjaga kesehatan tubuhya sendiri.

Dari sini, bisa menjadi latar belakang untuk membangun sebuah bisnis milenial mandiri dengan sebuah aplikasi. Dalam rancangannya, aplikasi ini tidak hanya berguna untuk memberikan informasi makanan pola hidup sehat dan diet.

2. Menghubungkan penjual bahan makanan dan pembeli

Namun juga dirancang untuk menghubungkan penjual bahan makanan organik dan bahan makanan diet yang tersedia di desa dengan konsumen yang ada di perkotaan atau siapapun yang menggunakan aplikasi tersebut.

Tentu saja, hal ini akan menjadi gebrakan tersendiri karena bisa saling menguntungkan, baik penyedia aplikasi, penyedia bahan makanan organik hingga pengguna aplikasi, karena masing-masing kebutuhannya akan terpenuhi dalam satu aplikasi tersebut.

3. Pentingnya melakukan promosi

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah promosi dan presentasi kepada target yang akan dituju untuk memperlancar kemajuan aplikasi yang dibangun. Sementara itu, perlu juga observasi mengenai target yang disasar dan produk yang akan ditawarkan.

4. Memastikan kualitas produk

Selain itu kita juga harus memastikan kualitas dari produk itu sendiri, seperti memberi kualifikasi dari penyedia bahan makanan sehat tersebut dan lain sebagainya. Hampir mirip seperti aplikasi marketplace dengan fitur rating dan testimony.

5. Aplikasi mudah digunakan

Selain itu, user experience dari aplikasi yang akan dikembangkan juga patut dipertimbangkan, karena akan mempengaruhi dari pengguna aplikasi tersebut. Kita harus membuat aplikasi yang mudah digunakan oleh orang awam sekalipun.

6. Sistem penjualan dan pembelian produk

Untuk persoalan in touch dari penjual kepada konsumen juga harus diperhitungkan secara matang sistemnya. Mengenai sistem ini bisa sesuai dengan kebutuhan pasar, apakah akan digunakan hanya sebagai marketplace.

Bisa juga aplikasi anda digunakan sebagai penyalur langsung dari produsen makanan organik ke konsumen. Namun dari segi itu kembali lagi kepada penyedia aplikasi, dan sesuai dengan target pasar dan juga kebutuhan dari konsumen itu sendiri.

7. Membuka lapangan kerja baru

Untuk pengembangan aplikasi ini, tentu akan membuat peluang bisnis milenial mandiri, selain itu juga lapangan pekerjaan baru akan terbuka, dan peluang anda untuk menjadi milenial yang mandiri juga akan semakin terbuka lebar.

Namun terkait masalah ide, bisnis milenial mandiri tidak hanya terbatas pada rancangan aplikasi di atas saja, tapi bisa juga dilakukan improvisasi terkait proses maupun produk yang ditawarkan.

8. Tambahkan terus ide baru di aplikasi

Anda bisa menambahkan ide lain terkait aplikasi tersebut. Seperti halnya Gojek yang terus menerus menambahkan fitur dan layanan baru. Fitur dan layanan tersebut bisa ditambahkan secara berkala dengan melakukan update aplikasi secara rutin.

Kesimpulannya, peluang bisnis milenial mandiri di bidang aplikasi menjadi ladang yang sangat menjanjikan bagi para milenial yang menginginkan berbisnis di masa mudanya. Selain itu juga berguna untuk mengasah insting berbisnis anda hingga ke depannya nanti.

Bisnis milenial mandiri di bidang aplikasi juga berpotensi memperluas jaringan hingga ke luar kota, bahkan skala nasional maupun internasional. Hal tersebut tak lepas dari jangkauan internet yang luas dan mampu menjangkau ke semua kalangan pengguna.

Selain itu, potensi pengembangan sayap ke bidang lainnya juga akan semakin terbuka, sesuai dengan potensi dari aplikasi yang anda kembangkan dan kesempatan dari kebutuhan pasar yang ada, selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here