Secara harafiah generasi milenial adalah sebutan untuk generasi yang lahir pada tahun 1977 hingga 1995. Nah jika dihitung, pada 2019 ini usia mereka telah memasuki usia produktif untuk bekerja. Sejalan dengan karakter generasi ini yang suka menghasilkan karya – karya out of the box, berikut adalah bisnis milenial populer di tahun 2019.

1. Fotografi

Dewasa ini sulit untuk memisahkan kegiatan sehari – hari kita dari dunia fotografi. Untuk itu kebutuhan akan kualitas foto yang profesonal meningkat dengan pesat, hal tersebut sedikit banyak karena pengaruh sosial media. Di tahun 2019 bisnis milenial di bidang ini tak hanya didominasi oleh para fotografer profesional.

Mereka – mereka yang memiliki kemampuan misal dalam editing foto pun turut meraup keuntungan. Selain jasa foto dan editing, berkembang pula bisnis jualan preset maupun profil dari aplikasi – aplikasi pengelola foto baik Adobe Lightroom, VSCO maupun yang lainnya.

Satu lagi kamu termasuk penyuka fotografi dan terbilang kreatif kamu juga bisa mencoba menjual jasa untuk pembuatan katalog.

2. Desain Grafis

Berkembangnya sistem jual beli di dunia maya membuat kebutuhan akan desain grafis juga meningkat. Kondisi tersebut dipengaruhi karena persaingan antar brand yang berlomba – lomba untuk menarik perhatian. Jadi bisa dibilang desain grafis merupakan salah satu elemen penting bisnis milenial di tahun 2019 ini.

Jika kamu memiliki skill dibidang desain dan memiliki ide – ide kreatif yang tak tersalurkan, ada baiknya kamu mulai memasarkan desain kamu. Kamu tak perlu mengeluarkan modal, karena ada banyak platform yang siap membantumu menemukan klien.

3. Penanganan Sosial Media

Jasa penanganan sosial media adalah salah satu lini bisnis yang tak kalah potensial. Alasannya, para pemilik brand membutuhkan orang dengan ide – ide brilian untuk menyusun konten yang dapat menarik interaksi dari para calon konsumen.

Selain dengan cara organik, para pemilik brand biasanya berusaha melakukan lompatan baik dari sisi jangkauan maupun penjualan dengan menggunakan iklan berbayar pada sosial media. Nah untuk alasan tersebut para ahli di bidang jasa periklanan juga dibutuhkan untuk menunjang bisnis mereka.

4. Online Shop

Semakin hari bisnis di bidang ini semakin berkembang, persaingan yang ketat tak membuat para millenial patah semangat namun malah memunculkan terobosan-terobosan baru. Dukungan platform – platform jual beli yang mulai menjamur memudahkan mereka menjangkau para konsumen.

5. Youtuber

Jika kamu memiliki keahlian dalam bidang tertentu dan ingin berbagi kepada orang lain, cobalah untuk membangun sebuah chanel youtube. Konten – konten orisinil dan bermanfaat sangat dibutuhkan untuk bisa sukses dalam lini bisnis yang digemari para milenial ini.

6. Blogger

Sama seperti youtuber, kamu bisa mendapatkan penghasilan dari model bisnis ini. Namun memiliki keuntungan dengan banyaknya alternatif pendapatan karena sebagai blogger kamu tak perlu melulu bergantung pada Google Adsense. Kamu bisa mendapatkan uang dari model iklan pay per click, pay per impression, pay per lead, atau bahkan sistem endorsment layaknya para youtuber atau selebgram.

7. Kuliner Unik

Seperti penjelasan – penjelasan diatas, salah satu kelebihan yang dimiliki oleh para milenial adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang diluar perkiraan. Nah, dibidang inipun kreatifitas mereka telah terbukti. Secara perlahan mereka sukses menciptakan tren kuliner unik, dari mulai penamaan usaha, penamaan makanan dan variasi kuliner yang lebih luas.

Untuk kamu yang pandai dalam memasak, kamu bisa mencoba masuk dalam dunia bisnis ini. Kamu bisa mencoba membuat sesuatu yang baru dengan nama yang tak biasa untuk memancing rasa ingin tahu dari para calon konsumen.

8. Trading

10 tahun lalu jika kita berbicara tentang trading, maka yang terlintas di pikiran kita adalah Bursa Efek Jakarta yang diisi orang – orang super sibuk dengan setelan jas yang rapi. Namun kini dengan kecanggihan teknologi kamu juga bisa melakukannya dimana saja. Karena lini bisnis ini membutuhkan modal yang tak sedikit, kamu harus benar – benar memiliki analisa yang baik untuk masuk kedalam dunia trading.

Delapan contoh bisnis mileneal di tahun 2019 tersebut semoga dapat memberikan inspirasi bagimu. Pastikan kamu telah mengenali kekuatan dan kelemahan yang ada dalam dirimu sebelum terjun kedalam sebuah bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here