Menjalani bisnis franchise atau di Indonesia lebih dikenal sebutan waralaba menjadi model bisnis yang banyak dilirik oleh para pengusaha saat ini. Hal itu disebabkan karena konsep dari bisnis franchise ini sangat menguntungkan. Maka dari itu, mulai banyak yang menjalankan bisnis ini, salah satunya adalah bisnis minuman franchise.

Pengertian dari bisnis franchise yaitu suatu hubungan yang salah satu pihaknya diberikan hak dari kekayaan intelektual (HAKI). Hak tersebut kemudian dapat dimanfaatkan atau digunakan dengan persyaratan yang telah ditetapkan dalam rangka penyediaan atau penjualan barang dan jasa.

Bisnis ini banyak diminati karena merek dagang atau brand yang digunakan sudah terkenal dan kita pun tidak perlu terlalu susah untuk mempromosikannya. Selain itu, maraknya bisnis franchise ini disebabkan karena adanya keuntungan-keuntungan yang memudahkan setiap orang untuk mendapatkan hasil yang cepat dari usaha yang dilakukannya.

Memang keuntungan yang didapat dari penjualan minuman franchise untuk satu porsinya tidak terlalu besar, namun jumlah permintaan pasar terhadap produk ini dan kebutuhan konsumen yang besarlah yang membuat bisnis minuman franchise ini mampu mendatangkan omset yang besar.

Jika Anda berminat untuk menjalankan bisnis minuman franchise ini, berikut ada referensi beberapa minuman franchise yang digemari oleh masyarakat Indonesia:

1. Franchise Teh

Teh menjadi salah satu minuman sejuta umat. Pelepas dahaga disaat cuaca panas, es teh solusinya. Oleh sebab itu, banyak minuman franchise yang menawarkan teh sebagai jenis usaha mereka.

Karena teh sendiri digemari oleh banyak orang mulai dari anak-anak hingga orang tua dan bisa dinikmati panas maupun dingin. Beberapa contoh dari minuman franchise ini adalah Tong Tji, Teh Poci, Teh Gopek, dan yang lainnya.

Namun, seiring dengan berkembangnya jaman minuman teh memiliki banyak variasi. Minuman teh yang awalnya sederhana ini mulai dikombinasikan dengan berbagai rasa lain sehingga menciptakan minuman teh baru yang tidak kalah nikmatnya.

Contohnya, minuman teh yang dikreasikan dengan susu atau keju seperti milk tea atau teh susu, Thai Tea, dan Cheese Tea. Beberapa minuman franchise teh terlaris di Indonesia adalah Dum Dum Thai Tea, Chatime, Chacha Milk Tea, Koi, Koma, dan banyak lainnya.

2. Franchise Kopi

Selain teh, kopi juga menjadi minuman favorit masyarakat di Indonesia. Sama seperti teh, kopi juga cocok disajikan hangat maupun dingin dan bisa menjadi teman nongkrong yang cocok.

Jika dulu kopi banyak dijual di warkop atau warung makan sederhana, kini kopi sudah menyebar ke kafe-kafe dan outlet franchise juga. Bagi kalian yang tidak suka kopi karena rasanya yang pahit, ternyata ada banyak jenis kopi yang bisa kamu nikmati tanpa takut pahit.

Kopi dengan campuran susu memiliki rasa yang manis namun tetap ada khas kopinya ini ada 3 macam, yaitu latte, cappuccino dan mochachino. Sedangkan kopi murni tanpa campuran susu ada espresso, americano, ristretto dan red eye.

3. Franchise Coklat

Bisnis minuman franchise yang terlaris selanjutnya yaitu franchise minuman coklat. Berbagai olahan coklat memang digemari oleh semua kalangan. Itulah yang membuat franchise minuman coklat menjadi salah satu usaha yang menguntungkan.

Pada dasarnya, coklat memang berasal dari buah cokelat yang memiliki rasa pahit. Namun, buah cokelat tersebut tidak langsung dijadikan minuman. Buah cokelat harus diolah terlebih dahulu untuk bisa menjadi minuman enak yang manis serta menggoda lidah.

Beberapa gerai minuman franchise berbahan dasar coklat adalah Milo, Nyocolate Factory, Pasco, Monster Ice Blend, Nyoklat, Soklat Banget, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa franchise minuman terlaris yang bisa Anda jadikan referensi jika ingin membuka usaha franchise. Namun, perlu Anda ketahui bahwa setiap usaha pasti ada kekurangannya. Berikut adalah kekurangan dari bisnis dengan sistem franchise:

  • Anda tidak bisa leluasa untuk mengembangkan kreatifitas pada usaha ini.
  • Sebesar apapun usaha franchise atau waralaba yang Anda jalankan ini, yang akan Anda dapatkan hanya bagian yang sudah terukur karena semua sudah diatur oleh manajemen pusat atau perusahaan yang menawarkan franchise.
  • Anda hanyalah salah satu dari banyak orang dalam sistem franchise ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here