Peluang untuk membuka usaha dengan modal kecil semakin terbuka dengan kecanggihan di bidang teknologi. Bisnis untuk kaum milenial di jaman sekarang tak bisa dilepaskan dari pengaruh internet, utamanya sosial media. Alasannya adalah kemudahan promosi serta jangkauan luas yang mereka dapat dari dunia maya.

Jika kamu termasuk generasi milenial namun belum memiliki ide untuk mengembangkan sebuah bisnis maka rekomendasi ide bisnis kaum milenial berikut ini patut untuk disimak.

1. Pulsa dan Paket Internet

Pulsa atau paket internet telah menjadi kebutuhan pokok bagi para millenials. Kamu dapat memanfaatkan kondisi ini untuk menambah pundi – pundi pemasukanmu. Usaha ini tak perlu membutuhkan banyak modal mengingat ada berbagai platform digital yang memungkinkan kamu berjualan pulsa atau paket internet dengan modal minimal.

Mulailah untuk mempromosikan usahamu ke teman terdekat dan keluargamu. Meski tak menjanjikan keuntungan yang besar, namun kamu bisa menggunakannya sebagi bisnis sampingan.

2. Kerajinan Tangan

Jika kamu memiliki hobi untuk membuat sebuah barang – barang kerajinan, misal gelang, kalung tas ataupun bros, maka maku dapat memaksimalkannya untuk menambah pemasukanmu. Jika merasa belum mahir, kamu bisa mendapatkan ribuan video tutorial di youtube. Teruslah mengasah ketrampilanmu, dan mulailah menjualnya melalu sosial media.

3. Makanan Ringan

Ngemil adalah aktivitas yang nyaris semua orang menyukainya. Hal tersebut dapat kamu jadikan dasar untuk memulai usahamu sendiri. Kamu bisa menjual kue dengan berbagai varian rasa atau keripik dengan berbagai level kepedasan.

Jika kamu tak memiliki ketrampilan untuk mengolah makanan, kamu juga bisa membelinya dalam partai besar untuk kemudian dikemas ulang dalam ukuran yang siap jual. Jangan lupa untuk memberikan nama yang unik untuk produk kamu.

4. Pakaian

Perkembangan teknologi memungkinkan kamu mendesain sendiri sebuah pakaian sesuai dengan keinginanmu. Itu berarti kamu juga bisa menjual sebuah produk baik itu baju, kaos, jilbab hingga kebutuhan sandang lain dengan desain kamu sendiri. Banyaknya jasa sablon atau penjahit yang melayani pesanan tanpa minimal order memungkinkan kamu untuk menjalankan bisnis di bidang ini.

5. Fotografi

Jika kamu memiliki kemampuan di bidang ini dimana mampu untuk memotret gambar secara menarik, kamu dapat menjualnya di website – website stok foto. Dari website – website tersebut kamu juga dapat menganalisa foto apa saja yang banyak dibutuhkan dan laku dijual.

Selain menjualnya secara online, kamu juga bisa membuka jasa secara offline. Jasa foto prewedding yang sedang tren bisa kamu pilih. Diluar itu kamu juga dapat masuk ke dalam dunia jasa pembuatan katalog atau jasa pembuatan buku tahunan.

6. Paket Wisata

Bagi para milenials berwisata merupakan sebuah aktivitas yang wajib dijalankan ketika liburan. Kamu dapat melirik usaha ini mengingat memiliki potensi yang sangat besar. Bekerja sama dengan berbagai agen travel menjadi sebuah solusi yang dapat kamu lakukan.

Atau jika memiliki koneksi yang memadai kamu dapat mencoba untuk mendirikan agen pariwisata sendiri. Jika memiliki kemampuan berbicara yang baik, menjadi seorang pemandu wisata merupakan sebuah alternatif bagimu.

7. Sosial Media

Untuk kebutuhan promosi, sebuah brand membutuhkan orang – orang yang memandai dalam menciptakan konten. Hal ini dapat kamu manfaatkan untuk membuka jasa agensi sosial media. Sebelum membuka jasa dibidang ini pastikan kamu telah membuat sebuah portofolio untuk meyakinkan calon klienmu.

Atau jika kamu memiliki kemampuan di bidang manajemen, kamu bisa mengumpulkan para selebgram dan mendirikan agensi di bidang endorsment.

Itulah tadi ide bisnis kaum milenial yang dapat kamu terapkan untuk memulai usahamu. Meskipun ditujukan untuk millenial, jenis – jenis usaha diatas juga dapat dilakukan oleh siapa saja, mengingat kemudahan serta tak membutuhkan banyak modal untuk memulainya.

Namun sebelum memulai berbagai usaha tersebut kamu harus ingat bahwa salah satu trik sukses dari sebuah bisnis adalah memulai dari yang kita sukai. Logikanya jika kita melakukan usaha dari hal yang kita sukai tentu akan membuat semangat untuk melakukannya. Selain itu kamu juga tak boleh mudah menyerah dan harus konsisten serta fokus pada suatu usaha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here