Kunci sukses bisnis kuliner itu apa saja? Jika dibuatkan listnya, akan ada banyak sekali yang harus Anda kuasai. Namun, sebaiknya belajar langsung dari pelakunya.

Saat ini, bisnis kuliner justru digeluti oleh para generasi milenial. Contohnya saja putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep. Ia sepertinya tidak mau kalah dengan kakaknya yang sudah dulu terjun di bidang kuliner.

Namun, kedua anak Presiden ini (Kaesang dan Gibran) masuk ke segmen yang berbeda. Kaesang memiliki bisnis kuliner berupa pisang dengan brand Sang Pisang.

Bagaimana perkembangannya? Tidak perlu ditanya lagi. Meskipun Sang Pisang baru dirilis pada tahun 2017, Kaesang mengaku sudah memiliki puluhan cabang.

Sebenarnya aneh. Bagaimana bisa generasi milenial justru suka dengan bisnis kuliner. Kebanyakan anak muda suka hal-hal yang berbau teknologi.

Ini bisa menjadi bukti bahwa usaha kuliner tidak pernah mati. Beda zaman, beda juga caranya.

Setidaknya, Kaesang ini menjadi pendongkrak motivasi siapa saja anak-anak muda yang mau terjun di bisnis kuliner. Dan sangat tepat sekali jika mereka belajar dari pelakunya secara langsung.

Belajar Dari Pelaku Bisnis Kuliner Secara Langsung

Anda berencana untuk terjun di usaha kuliner? Alangkah baiknya Anda belajar dari pelaku bisnis secara langsung. Anda bisa contek kunci sukses bisnis kuliner yang dilakukan oleh Kaesang.

Tentu saja Anda tidak hanya bisa dari sosok seorang Kaesang saja. Anda juga bisa tiru anak-anak muda lainnya yang juga menggeluti bisnis kuliner.

Apa saja kunci sukses usaha kuliner?

1. Tetapkan Target Market

Target market atau sasaran konsumen harus ditentukan dari awal. Apakah target market Anda itu anak-anak muda atau umum?

Akan lebik baik juga Anda ketahui di mana target market Anda. Ini akan memudahkan Anda nanti dalam menjalankan bisnis kuliner yang Anda sudah tentukan.

2. Manfaatkan Sumber yang Ada

Anda bisa belajar dari Kaesang. Dalam membuat bisnis Sang Pisang, ada satu ide brilian yang didapatkan olehnya. Ia melihat pisang itu sangat melimpah di tempat di mana ia berada. Dan harga pisang juga relatif murah.

Mudah dan murahnya harga pisang tersebut menginspirasi Kaesang untuk membuka usaha kuliner yang kemudian diberi nama Sang Pisang tersebut. Dan terbukti. Dengan alasan yang sederhana tersebut, ia berhasil membangun usaha kuliner sederhana tapi suksesnya luar biasa.

Nah, kira-kira sumber apa yang ada di sekitar Anda? Luangkan waktu untuk jalan-jalan ke sekitar area di mana Anda tinggal. Temukan potensi yang bisa Anda kembangkan sehingga menjadi sebuah ide bisnis kuliner.

3. Siapkan Branding

Ada banyak sekali tukang jual pisang seperti halnya yang dilakukan oleh Kaesang. Namun, kenapa nama Sang Pisang langsung popular?

Jawabannya ada di branding. Bisnis anak muda sekarang ini kuat di branding. Dan ini tidak hanya diterapkan oleh Kaesang. Teorinya satu. Jika bisnis ini sukses, maka kuatkan branding.

Anda bisa lihat sendiri banyak sekali bisnis yang sudah settled akhirnya gulur tikar. Hal ini disebabkan kompetitor baru yang bermunculan dengan ide yang cerdas dan brand yang menarik.

Apa itu brand? Secara sederhana, brand itu bisa dikatakan citra. Anda harus temukan citra apa yang ingin Anda sampaikan dari bisnis Anda tersebut.

4. Marketing yang Efektif dan Efisien

Untuk saat ini, sepertinya marketing dengan memanfaatkan media sosial menjadi cara yang paling efektif dan efisien. Ini pula yang menjadi salah satu kunci sukses bisnis kuliner yang diterapkan oleh pengusaha lainnya.

Bahkan, Anda bisa lihat sendiri. Perusahaan besar pun mulai memikirkan hal ini. Mereka bekerjasama dengan agency untuk melakukan promosi melalui media sosial.

Ada banyak sekali media sosial sekarang ini. Dan setiap media sosial memiliki segmen user sendiri. Pengguna Twitter biasanya orang-orang yang usianya sudah senior dan kaum intelektual. Sementara itu, IG lebih banyak digunakan oleh anak-anak muda. Facebook memiliki segmen yang lebih luas. Tidak hanya anak muda saja yang menggunakan media sosial yang satu ini.

Anda tinggal pilih di mana target market Anda. Akan lebih baik jika Anda memanfaatkan semua media sosial Anda untuk mempromosikan bisnis kuliner Anda.

5. Selalu Memberikan Kebaruan

Kebaruan seperti apa? Contohnya saja menawarkan menu yang berbeda di setiap minggu. Ini juga sebagai cara untuk mempromosikan produk baru.

Kebaruan lainnya juga bisa Anda tawarkan seperti memberikan give away secara rutin. Buat bisnis Anda mencuri perhatian dengan kebaruan-kebaruan yang terus Anda lakukan.

Itulah kunci sukses bisnis kuliner yang sudah diterapkan oleh pengusaha muda saat ini. Siap untuk menjadi pengusaha kuliner sukses selanjutnya?

Kendala Dalam Menjalankan Bisnis Kuliner

Selalu ada rintangan setiap kali Anda melakukan hal yang baik. Apalagi dalam hal usaha. Hampir semua pengusaha yang mengawali sebuah bisnis harus berbenturan dengan berbagai rintangan

Hanya saja, rintangan setiap pengusaha itu berbeda. Untuk pengusaha kuliner, kendala yang paling sering dihadapi adalah inovasi. Dan ini bisa membuat customer Anda bosan dan akhirnya pindah ke lain hati.

Maka dari itu, Anda tidak boleh berhenti berinovasi. Anda harus ciptakan menu yang selalu baru. Tidak salah juga jika Anda membuat makanan yang benar-benar baru dan beda dengan menu utama. Hanya saja, bahan yang Anda gunakan tetap sama.

Selain itu, kendala yang paling berbahaya lainnya adalah konsistensi. Anda harus persistent. Tangguh. Jika tidak, percuma saja Anda belajar bisnis kuliner dari A sampai Z. Karena kunci sukses bisnis kuliner yang paling utama adalah konsistensi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here