Membuat Bisnis Franchise dan Keuntungannya

Membuat Bisnis Franchise dan Keuntungannya

Dengan membuat bisnis franchise atau bisnis waralaba, berarti anda telah melakukan perluasan jaringan baik itu berupa barang dan jasa dengan sebuah lisensi dagang. Secara gampangnya bisnis franchise bisa juga diartikan anda mengijinkan orang membuka cabang atas nama anda dengan beberapa ketentuan.

Dalam prakteknya bisnis franchise ini dapat berupa sebuah barang, atau dapat pula sebuah usaha. Sebagai contoh franchise usaha adalah indomaret, ketika anda hendak membuka indomaret maka anda harus membeli lisensi usaha dari pemilik lisensi usaha indomaret.

Bisa juga franchise ini berbentuk sebuah produk, misalkan ayam goreng X, anda sebagai pemilik produk ayam goreng X dapat memperluas distribusi anda dengan menjual merk ayam goreng anda kepada pihak yang berminat. Pihak yang berminat tersebut akhirnya memiliki hak jual dari ayam goreng merk anda.

Memulai Bisnis Franchise

Memulai bisnis franchise memang memerlukan perjuangan yang sulit, anda sebagai pemilik franchise harus memiliki ide bisnis sendiri, membuat rencana bisnis, memasok produk, dan juga memanajemen karyawan anda. Namun keuntungan dari bisnis franchise ini sangat besar sekali.

Jika anda melihat bisnis franchise yang banyak ditemui seperti alfamart atau indomaret, tentunya anda akan dipusingkan dengan bagaimana cara membuat bisnis franchise yang efisien dan efektif. Anda bisa memulai bisnis franchise dari sesuatu yang sederhana.

Sebuah contoh mudah membuat bisnis franchise makanan, baik itu rumah makan atau sekedar food truck. Yang anda perlukan untuk memulai bisnis ini adalah cita rasa dari makanan anda yang unik dan cocok di lidah para pelanggan anda, hindari gimmick yang tidak perlu.

Ketika anda membuka sebuah kedai ayam goreng misalnya, dengan resep rahasia anda sendiri dan diminati oleh banyak orang. Anda kemudian bisa menawarkan bisnis anda tersebut kepada orang lain dalam bentuk franchise. Stock bahan bisa anda sendiri yang mengaturnya.

Keuntungan Memiliki Bisnis Franchise

Ada sangat banyak sekali keuntungan memiliki bisnis franchise. Misalkan sebagai contoh anda pemilik kedai ayam goreng, anda yang menjadi pemasok dari bahan produksi. Anda bisa mengambil keuntungan dari memonopoli distribusi bahan dari cabang bisnis anda.

Dengan melakukan hal ini maka cabang bisnis anda tidak akan membeli ke sumber luar namun langsung pada anda. Cara anda mendapatkan bahan produksi juga hanya anda yang tahu. Dengan menguasai satu saja jalur distribusi, bayangkan ada berapa banyak keuntungan yang anda dapatkan.

Semakin banyak cabang yang anda miliki tentunya demand dari pasokan bahan pokok akan semakin tinggi. Keuntungan yang anda dapatkan sebagai main source dari bahan pokok tersebut tentunya semakin besar. Secara mudah bisa dibilang anda menjadi market central dari franchise anda.

Mengikuti Bisnis Franchise

Ketika anda bukan orang yang bertalenta dalam merencanakan bisnis dan memiliki berbagai ide cemerlang namun anda memiliki banyak uang. Anda bisa saja mengikuti bisnis franchise yang sudah banyak menjamur di Indonesia. Anda bisa mengikuti, indomaret, alfamart, atau franchise yang lebih kecil.

Saat anda membayangkan untuk mengikuti bisnis franchise, jangan hanya menjadikan bisnis franchise besar sebagai acuan. Saat ini sudah banyak pula franchise menengah kebawah yang tak kalah sukses. Banyak brand misalnya brand minuman atau makanan ringan yang sudah di franchise kan.

Bahkan saat ini produk sekelas es susu saja sudah terdapat franchise yang menjanjikan. Promosi di media sosial yang mereka lakukan dan juga pembentukan brand di mata calon konsumen yang baik memiliki potensi besar untuk anda manfaatkan.

Keuntungan Mengikuti Bisnis Franchise

Dengan anda mengikuti bisnis franchise tentunya anda akan dimudahkan dalam bentuk branding dan juga marketing. Pemilik brand utama pasti sudah melakukan branding yang baik pada produk barang atau bisnis yang dimiliki sehingga anda tidak perlu lagi harus sibuk mencari konsumen.

Mengikuti bisnis franchise tentunya juga akan membuat anda memulai bisnis lebih cepat karena anda hanya membutuhkan modal uang. Saat ini sudah banyak sekali pemilik bisnis franchise yang bisa anda ikuti hanya bermodalkan uang saja, anda tidak perlu menyiapkan bahan atau bahkan lokasi.

Kebanyakan bisnis franchise juga sudah memberikan dukungan dan juga pelatihan kepada mitra bisnisnya. Hal ini tentunya akan semakin memudahkan anda dalam menjaga bisnis anda agar bisnis tersebut bisa lancar berjalan. Dalam artian, anda menjadi bos dari cabang anda, dan tak perlu bekerja keras.

Pelatihan dan dukungan ini biasanya juga masuk dalam pelatihan dan dukungan karyawan. Artinya anda tidak perlu lagi mencari karyawan untuk bisnis anda karena pusat sudah menyediakan karyawan sekaligus memberikan pelatihan kerja bagi para calon karyawan anda.

Pertumbuhan reputasi yang cepat bahkan instan sudah pasti anda dapatkan ketika anda mengikuti bisnis franchise. Branding yang dilakukan oleh pusat sudah secara otomatis berimbas kepada cabang yang anda miliki. Anda tidak perlu lagi harus memasarkan nama cabang bisnis anda.

Reputasi instan inilah yang membuat bisnis franchise dilirik oleh banyak orang. Bayangkan jika anda membangun sebuah bisnis sendiri, anda bisa menghitung berapa lama waktu yang harus anda keluarkan dan biaya yang harus anda gelontorkan untuk melakukan branding pada bisnis anda.

Menjalani Bisnis Franchise

Ketika anda mengikuti sebuah franchise, ada satu hal spesifik yang menjadi keuntungan tersendiri yakni anda tidak berbisnis sendiri. Sesama pemilik franchise yang berada dalam satu naungan brand, kerjasama untuk saling mendukung sudah pasti akan terjalin.

Tidak ada gunanya saling menjatuhkan kawan dalam satu naungan brand franchise. Karena ketika satu cabang sukses, maka cabang lain secara otomatis kepopulerannya pasti akan naik pula. Anda tidak perlu takut tersaingi, karena pesaing anda diluar sana secara otomatis akan bersaing langsung dengan brand pengusung franchise anda.

Ketika anda tergabung dalam sebuah payung merk dagang yang sama, tentunya kolega anda sesama pemilik franchise akan berbagi tips dan juga strategi bisnis untuk memajukan bisnis anda. Satu saja cabang yang tutup bisa mengakibatkan nama dari brand franchise menurun.

Hal ini yang tidak bisa dibiarkan oleh para pemilik bisnis franchise, mereka akan memberikan anda berbagai tips untuk mempertahankan usaha anda mati-matian. Ketika dibandingkan dengan membuka bisnis sendiri bukankah mengikuti bisnis franchise ini lebih aman untuk investasi masa depan anda.

Diibaratkan dalam sebuah peperangan, ketika anda mengikuti sebuah franchise, anda akan tergabung dalam pasukan elite yang sudah terlatih dan memiliki kemampuan tempur yang baik. Jadi ketika terjadi sebuah goyangan yang mempengaruhi bisnis anda, akan banyak pihak yang membantu anda.

Itulah tadi sekelumit pengetahuan mengenai dunia franchise, apabila anda berniat untuk mengikuti sebuah franchise hal ini adalah langkah awal yang bagus untuk anda memulai terjun dalam dunia bisnis. Anda bisa mulai selangkah demi selangkah belajar mendalami bisnis.

Bisnis franchise juga bisa dijadikan sebuah lahan belajar yang lebih advance bagi anda yang berminat sebuah brand franchise baru. Anda bisa belajar mengorganisir sebuah bisnis yang lebih besar. Melatih anda untuk lebih bijak untuk memilih rencana bisnis yang lebih baik dan efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Admin Via Whatsapp whatsapp