Perkembangan teknologi diakui atau tidak telah membuka banyak lapangan kerja baru. Dan seiring dengan perkembangan tersebut, kini banyak sekali usaha rumahan bermunculan. Jika kamu sedang berencana bekerja dirumah, mungkin rekomendasi usaha rumahan dalam artikel ini dapat kamu gunakan sebagai salah satu gambaran.

Rekomendasi ini dibutuhkan untuk kamu yang ingin membuat usaha sampingan namun selalu terkendala dengan modal yang harus besar dan tidak memiliki toko atau tempat usaha, atau belum punya ide untuk membuka usaha apa yang bisa menghasilkan profit.

1. Pembayaran Tagihan Online

Dewasa ini telah banyak platform digital yang melayani pembayaran berbagai tagihan. Mulai dari Listrik PLN, BPJS, hingga tagihan – tagihan angsuran bulanan. Kamu dapat memanfaatkan peluang tersebut dengan membuka jasa pembayaran tagihan online. Selain karena tak membutuhkan banyak modal, bisnis ini mudah sekali diaplikasikan oleh siapa saja.

2. Depot Air Minum Isi Ulang

Seiring dengan memburuknya kualitas air di pemukiman padat penduduk, sebagian orang telah berpindah dengan meminum air dalam kemasan. Sementara itu sebagian lainnya merasa keberatan dengan harga yang ditawarkan oleh produsen air dalam kemasan.

Disini peluang usaha depot air minum isi ulang mulai terbuka untuk melayani kebutuhan orang – orang yang enggan mengeluarkan uang berlebih untuk kebutuhan minum mereka.

3. Laundry

Jika kamu berada di sebuah kompleks yang mayoritas penduduknya adalah karyawan atau mahasiswa mungkin kamu bisa mencoba bisnis ini. Tingkat kesibukan mereka yang tinggi seringkali membuat mereka malas untuk mencuci. Nah kondisi tersebut dapat kamu manfaatkan dengan membuka jasa laundry. Kamu hanya perlu menyediakan mesin cuci, timbangan serta setrika untuk memulai bisnis ini.

4. Cuci Motor

Rekomendasi usaha rumahan selanjutnya adalah cuci motor. Alasannya sederhana, saat ini hampir setiap rumah memiliki motor karena berbagai kemudahan untuk mendapatkannya. Hal tersebut membuat kebutuhan akan cuci motor pun meningkat, apalagi ketika musim penghujan tiba.

Tak perlu skill khusus untuk menjalankan usaha ini, anda hanya perlu menyediakan mesin kompresor untuk memulai bisnis ini.

5. Reseller / Dropship

Usaha ini terbilang sedang tren di masyarakat, tak hanya bagi orang dewasa namun juga bisa menjadi tambahan penghasilan bagi para pelajar dan mahasiswa. Naiknya tren tersebut dikarenakan kemudahan untuk menjalankan bisnis ini. Kamu hanya membutuhkan smartphone serta kemampuan marketing untuk bisa menjalankan bisnis ini dengan baik.

6. Budidaya Ikan

Jika kamu memiliki lahan yang cukup kamu bisa memulai bisnis budidaya ikan konsumtif seperti lele atau nila. Kedua jenis ikan tersebut sangat digemari karena rasa yang lezat serta harga yang terjangkau.

Kamu juga bisa mencoba budidaya ikan hias. Namun jenis usaha tersebut membutuhkan ketekunan dan kesabaran dalam merawat ikan – ikan yang kadang harganya diluar logika.

7. Desain Grafis

Perkembangan teknologi membuat desain grafis menjadi faktor penting dalam berbagai hal. Dari mulai undangan, pamflet, logo, t-shirt hingga berbagai kebutuhan promosi tak bisa dilepaskan dari desain grafis.

Jika kamu memiliki skill  di bidang ini, kamu harus segera mempromosikan kemampuanmu.

8. Youtuber

Menjadi youtuber juga merupakan salah satu rekomendasi usaha rumahan dari kami. Namun seiring dengan menjamurnya para youtuber, kamu harus membuat konten yang lain daripada yang lain untuk bisa menonjol dalam usaha ini.

9. Percetakan

Jika kamu sedang berada dalam perjalanan cobalah hitung berapa banyak mmt yang ada di pinggir jalan ? Cukup banyak bukan ? Dengan begitu kamu bisa menghitung potensi keuntungan dari bisnis ini. Selain percetakan mmt kamu juga bisa masuk dalam usaha cetak undangan pernikahan yang juga memiliki potensi keuntungan yang cukup besar.

Itulah rekomendasi usaha rumahan dari kami yang sebagian besar tak memerlukan modal besar untuk menjalankannya. Meski begitu kamu harus menyisihkan budget untuk urusan promosi, karena hanya dengan promosi yang baik dan benar usahamu mampu menjangkau banyak konsumen.

Kamu masih bisa mengeksplore usaha – usaha rumahan yang lain dengan menganalisa peluang yang ada disekitarmu. Selalu ingat bahwa kesuksesan sebuah usaha bergantung pada konsistensi dan kegigihanmu dalam menjalankannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here