Memulai sebuah usaha tidak melulu membutuhkan modal yang besar. Asal ada kegigihan dan tekad yang kuat, semua bisa dilakukan meskipun hanya dengan modal yang kecil. Bahkan usaha rumahan modal 50 ribu saja, pasti bisa Anda lakukan.

Caranya dengan memanfaatkan bahan seadanya dan kemudian menyihirnya menjadi sesuatu yang layak untuk dijual. Sebagai contoh, Anda bisa membuat aksesoris bros dengan bahan kain perca. Tak dipungkiri, menekuni bisnis di bidang aksesoris wanita ini memang sangat menjanjikan.

Karena memang kodrat wanita yang senang untuk berdandan dan merias diri serta menomorsatukan penampilan menjadikan peluang bisnis ini tak pernah ada habisnya. Selain itu, karena barang yang dibutuhkan untuk usaha ini mudah didapat dan modal yang dikeluarkan untuk usaha ini juga tergolong murah.

Tidak heran jika banyak wanita memilih peluang usaha ini sebagai bisnis sampingan. Misalnya saja ibu rumah tangga atau para mahasiswi perkuliahan. Disaat waktu senggang, mereka bisa membuat aksesoris ini dengan mudah dan murah kemudian memasarkannya via online ataupun langsung.

Aksesoris bros tidak hanya ditargetkan kepada wanita berjilbab saja, bros juga bisa disematkan pada baju untuk mempercantik penampilan. Oleh sebab itu, target pasar dari usaha ini adalah semua wanita bahkan dari semua kalangan juga. Baik dari anak-anak hingga orang dewasa.

Bahan-bahan untuk pembuatan bros ini juga murah dan mudah didapat. Anda bisa menggunakan kain flanel, atau jika ingin lebih hemat bisa menggunakan kain perca. Kain perca adalah kain sisa potongan yang sudah tidak digunakan lagi oleh penjahit.

Untuk mendapatkannya, Anda bisa membelinya dari penjahit. Atau Anda bisa menggunting pakaian atau celana yang sudah tidak terpakai dan kemudian memotongnya dengan ukuran kecil-kecil, bisa berbentuk lingkaran atau juga kotak.

Setelah Anda memperoleh kain perca tersebut, siapkan bahan-bahan untuk membuat brosnya terlebih dahulu, yaitu:

  • Kain perca berbahan katun
  • Gunting, jangan menggunakan gunting berukuran besar, cukup gunakan gunting dengan ukuran sedang
  • Jarum pentul, jarum pentul yang digunakan sama dengan jarum pentul yang biasa digunakan untuk menjahit
  • Jarum jahit
  • Benang, Anda bisa menggunakan benang dengan warna yang sesuai dengan keinginan Anda
  • Kancing, Anda harus memilih kancing yang pas untuk bros yang akan Anda buat serta sesuaikan warna kancing dengan warna kainnya
  • Peniti bros.

Nah, jika bahan-bahan untuk pembuatan bros sudah beres kemudian cara membuat bros adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menggunting kain perca yang telah kamu siapkan tadi menjadi bentuk kotak dengan ukuran kurang lebih 5 cm dan buatlah sebanyak 10 lembar
  2. Kemudian, kain perca yang telah digunting menjadi kotak tersebut dilipat menjadi 2 membentuk segitiga. Lalu, setiap sudut bawahnya dilipat ke sudut atas
  3. Setelah itu, supaya bentuknya tidak berubah lipatan kain perca tadi ditusuk dengan jarum pentul
  4. Lalu gunting lipatan dari kain percanya
  5. Tusuk pada bagian lipatan kain perca hingga terangkai menjadi 10 lipatan kain perca
  6. Selanjutnya, matikan ikatan benang sehingga akan membentuk lipatan kain perca yang bertemu antara lipatan perca terakhir yang sudah dirangkai. Rapikan dan tambahkan kancing di bagian tengahnya kemudian sematkan peniti bros
  7. Bros pun sudah siap untuk digunakan.

Mudah bukan cara pembuatannya? Setelah bros yang Anda buat tersebut sudah jadi, langkah selanjutnya adalah memperkenalkan produk aksesoris handmade Anda kepada konsumen.

Sebagai langkah awal, Anda bisa menawarkannya secara offline kepada teman-teman, tetangga, atau bahkan saudara-saudara, dan seterusnya. Atau, Anda bisa juga kamu menitipkannya ke toko-toko atau swalayan terdekat.

Jangan lupa untuk mengemas bros tersebut sebaik mungkin sehingga konsumen akan tertarik untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Selain itu, Anda juga bisa memasarkannya dengan cara online.

Foto produk diperlukan sebagai bahan promosi, oleh sebab itu harus yang menarik ya! Kemudian, gunakan sosial media untuk mempromosikannya. Jangan lupa juga untuk mencantumkan deskripsi produk dengan detail seperti harga dan nomor kontak pemesanan yang bisa dihubungi.

Itulah salah satu contoh usaha rumahan modal 50 ribu yang bisa anda jalankan. Lengkap dengan cara pembuatan dan promosinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here